Twitter

Twitter
Follow My Twitter

Facebook

Facebook
Gabung Di Page Facebook Kami Untuk Informasi Product

Support

Support
Jangan Sungkan-sungkan Silahkan Call or SMS 022-92302793 / PIN: 23B82A61

Keblinger

Jenis dan Macam Kurma

| Selasa, 07 Agustus 2012

Jenis-jenis Kurma

Hampir semua orang suka kurma dan selalu menjadi menu wajib disaat bulan Ramadan. Kurma sudah menjadi makanan populer di Timur Tengah sejak ribuan tahun lalu. Tapi tahukah Anda kalau kurma terdiri dari berbagai jenis.

Kurma matang dibagi menjadi empat yang menggunakan penamaan Arab disebut, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan matahari). Dari empat golongan tersebut, ada 10 jenis kurma yang populer di dunia, yaitu :



Kurma Ajwah

Kurma ini kebanyakan tumbuh di kota Madinah, Saudi Arabia. Merupakan kurma yang sangat populer dan kabarnya favorit Nabi Muhammad SAW.



Kurma Amir Haji atau Amer Hajj

Kurma yang satu ini berasal dari Irak. Kulit dan dagingnya sangat lembut dan tebal. Kurma Amer Hajj juga sering dikenal sebagai "welcome kurma" karena pada umumnya dihidangkan untuk menyambut tamu.



Kurma Deglet Noor

Seperti namanya, "Noor", kurma ini warnanya kuning keemasan hampir seperti sinar matahari. Kurma ini adalah varietas unggul dan sangat terkenal di Libya, Algeria, Amerika dan Tunisia. Umumnya, ia tidak terlalu kering dan rasanya juga tak terlalu manis.



Kurma Holwah atau Halawi

Dalam bahasa Arab, Holwah artinya manis. Seperti namanya, kurma ini memang rasanya sangat manis. Dan rasa manisnya melebihi kurma-kurma pada umumnya. Kurma Halawi ukurannya beragam ada yang kecil hingga sedang.


Kurma Mozafati

Kurma yang dikembangkan di daerah Mozafati ini warnanya gelap, lembut dan ukurannya sedang. Kurma jenis ini usia simpannya tahan lama, sehingga tak harus habis sekali makan. Bila di simpan di suhu -5 derajat celcius, kurma ini bisa bertahan hingga 2 tahun lho.


Kurma Saidy

Kurma Saidy adalah kurma yang populer di daerah Libya. Daging buahnya sangat lembut dan rasanya manis.


Kurma Sekkeri

Termasuk kurma yang mahal dan tumbuh di daerah Saudi Arabia. Warnanya cokelat gelap, daging buahnya sangat manis dan lembut. Berbeda dengan kurma lainnya, rasanya khas dan istimewa.


Kurma Thoory atau Thuri

Kurma yang daging buahnya agak kering ini sangat populer di Algeria. Warnanya sedikit cokelat kemerahan, kulitnya kering keriput. Terkadang saking keriputnya kulitnya jadi agak keras. Namun, rasanya manis dan hampir mirip dengan kacang.



Kurma Umelkhashab

Berasal dari Saudi Arabia. Rasanya unik, karena ada kombinasi manis dan pahitnya. Warnanya juga agak berbeda dari yang lain, sedikit kemerahan.



Kurma Zaghloul

Kurma yang satu ini bentuknya panjang dan agak lonjong. Warnanya merah gelap dan sangat manis. Istimewanya, rasa manis dari kurma ini masih melekat di lidah. Kurma ini termasuk varietas kurma yang eksklusif dan harganya mahal di Mesir. Bahkan, hanya orang-orang tertentu saja yang mengonsumsinya. 

Sumber : h ttp://id.she.yahoo.com/ragam-kurma-terpopuler-di-dunia-063000054.ht ml


0 comments:

Posting Komentar

 

Copyright © 2010 Master PIN | Design by Dzignine

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...